| English

Dapatkan diskon menarik untuk pembelian grosir *** Saat ini semua jenis madu tersedia/ready stock (Okt/2015)

Pemanis Alami Pengganti Gula

madu pengganti gula
ilustrasi : getty images
Gula memang bisa jadi bahan makanan ‘pengacau’ diet Anda. Sebab, makin banyak mengonsumsi gula, membuat Anda makin ingin menyantapnya terus. Karena itu, meski penganan mengandung gula dapat menjadi makanan pembangkit mood, tapi sebaiknya jangan dikonsumsi berlebihan.

Masalahnya, gula yang kita konsumsi sehari-hari kebanyakan adalah gula yang telah diproses, yang tinggi kalori. Inilah yang bisa mengakibatkan gangguan kesehatan dalam jangka waktu pendek maupun panjang. Agar tak terlampau sering mengkonsumsi gula proses pabrik, selingi dengan gula alami. Berikut ini bisa menjadi penggantinya. Antara lain:

1. Madu
Cairan manis yang didapat dari sarang lebah.
Keuntungan: madu cenderung mengandung glycemic (suatu kadar yang menunjukkan berapa banyak suatu makanan dapat meningkatkan kadar gula di dalam tubuh*) rendah. Anda dapat menggunakan madu untuk menambah rasa manis di minuman atau makanan Anda.
Catatan: mengandung kalori dan karbohidrat yang tinggi. Jadi, konsumsi secukupnya.

2. Agave

Tumbuhan asal Mexico ini adalah daun yang berbentuk seperti nanas, yang mengandung cairan kental manis (mirip madu).
Keuntungan: Mengandung glycemic* yang rendah dan bisa menjadi alternatif sehat dari gula. Sangat coocok dikonsumsi oleh pengidap diabetes, yang mengalami resistansi insulin. Atau bagi Anda yang sedang menjaga asupan karbohidrat.

3. Fruktosa
Gula alami yang didapat dari sari buah-buahan.
Keuntungan: Sari gula dari buah ini juga sudah bisa Anda dapatkan dalam bentuk kemasan di pasar swalayan yang menyediakan bahan-bahan makanan impor. Fruktosa rasanya lebih manis ketimbang gula biasa. Gunakan sedikit saja.
Catatan: Fruktosa buatan yang diproses pabrik bisa didapat dari minuman bersoda atau minuman manis lainnya. Jenis fruktosa ini berbeda dari fruktosa alami. Fruktosa buatan dapat meningkatkan kadar lemak di tubuh yang berujung pada penyakit jantung. Jadi, sebaiknya konsumsi fruktosa alami yang berasal dari buah-buahan.

4. Stevia

Buah bercita rasa manis dari Amerika Selatan. Bisa didapat dalam bentuk bubuk atau cairan di pasar swalayan yang menyediakan bahan-bahan makanan impor.
Keuntungan
: cita rasa manisnya sangat kuat. Jadi, gunakan secukupnya.


dikutip dari:
vivanews.com
Next previous home
 
Powered By Blogger | Portal Design By Trik-tips Blog © 2009 | Resolution: 1024x768px | Best View: Firefox | Top